Final Fantasy

|| © Absolute Gilby Benaya |||| Version: Ultimate |||| gilbyzeeq.blogspot.com ||



Dendam Seorang Bocah

Dua dari mitos paling terkenal di dunia ini adalah mitologi Yunani dan Norse. Saking terkenalnya kedua mitologi ini, mereka sering direpresentasikan dalam berbagai media termasuk media game. Representasi paling terkenal dari mitologi Yunani saat ini adalah God of War, sementara mitologi Norse diwakili oleh Valkyrie Profile.

Game RPG yang dulu ditelurkan Enix ini memang menjadi cult classic ketika diluncurkan dulu. Saat pertama kali dirilis, tidak banyak gamer mengenalnya. Toh seiring dengan pemberitaan dari mulut ke mulut, makin banyak orang memainkannya. Hasilnya, setelah Squaresoft dengan Enix merger, mereka memutuskan untuk memperbesar franchise ini. Hadirlah remake dari Valkyrie Profile dengan tajuk Lenneth di PSP serta sekuelnya dengan tajuk Silmeria di PS2.

Walau terlambat beberapa tahun, DS sebagai handheld terlaris pasar saat ini akhirnya juga mendapatkan serial Valkyrie Profile. Berbeda dengan dua seri sebelumnya di mana kita berperan sebagai sang Valkyrie, kali ini kita mengambil peranan seorang pemuda bernama Wylfred yang menaruh dendam kepada Lenneth. Kenapa demikian?

Walaupun sebagai seorang ksatria mati di medan peperangan dan terpilih menjadi Einherjar merupakan kebanggaan, tidak begitu halnya bagi keluarga yang ditinggalkan. Kematian ayah Wylfred meninggalkan keluarganya dalam situasi goncang. Adik Wylfred meninggal kelaparan, sementara sang ibu menjadi sinting karena tidak kuat menerima kenyataan nasib. Wylfred pun menyalahkan sang Valkyrie, dan bersumpah untuk membalas dendam. Pertanyaannya, bagaimana seorang manusia biasa bisa melawan Valkyrie yang adalah utusan para dewa sendiri?

Jawabannya adalah Wylfred membuat kesepakatan dengan dewi kematian Hel. Ia membuat sebuah perjanjian dengan tanda Plume. Inilah awal cerita game sekaligus asal usul dari sub-titel Covenant of the Plume (CoTP) yang diberikan.

Strategy RPG Dengan Sentuhan Klasik Valkyrie Profile

CoTP sedikit berbeda dengan kedua game Valkyrie Profile sebelumnya. Designnya kini mirip dengan Strategy RPG ala Final Fantasy Tactics atau Fire Emblem, tetapi masih mempertahankan sentuhan klasik dari franchisenya. Kok bisa?

Dalam arena battle, kamu menjalankan karaktermu seperti gerakan konvensional Strategy RPG lainnya, kamu mendekati musuh sampai masuk dalam jarak serangan, lalu memilih command Attack. Pola Attack ini bukan seperti game taktik lain tetapi langsung berubah ala Valkyrie Profile tradisional di mana kamu bisa menyerang musuh dengan combo-combomu. Selain menyerang sendirian, karakter-karaktermu juga bisa bekerja sama untuk melakukan serangan dengan damage yang lebih dahsyat.

Ini membuat CoTP seakan sebuah permainan strategi meletakkan karakter di posisi yang tepat. Di tempat yang tepat, satu orang karaktermu saja bisa melakukan serangan empat kali bertubi-tubi dengan rekan-rekannya! Yang lebih penting lagi, menyerang bersama-sama memberimu kesempatan melakukan sebuah serangan spesial bernama Soul Crush (as I said: seperti game Valkyrie Profile yang lain). Acap kali karena sintingnya damage dari Soul Crush, kamu bisa terus menghajar musuh bahkan setelah HP mereka habis.

Menghajar musuh setelah HP mereka habis ini dikenal dengan Overkill dan merupakan satu lagi sistem yang sangat penting dikuasai. Ini disebabkan Hel sebagai sang dewi menuntut Sin darimu. Setiap pertarunganmu diwajibkan menghasilkan jumlah Sin tertentu. Nah, meng’Overkill’ musuhmu sebanyak mungkinlah cara untuk memenuhi kuota Sin-mu. Mendapatkan Sin lebih banyak dari yang ditentukan Hel akan memenangkanmu item dan equipment kuat yang jelas membantu dalam perjalananmu, tetapi gagal memenuhi kuota tersebut akan mendatangkan amarah Hel, dan ia bahkan bakalan mengirimkan monsternya untuk menuntut balas pada Wylfred.

Lantas apa kegunaan Plume itu sendiri? Plume dalam game ini adalah pedang bermata dua. Di satu sisi, memakai Plume membuka kemampuan maksimal seorang karakter dan akan membuatnya super kuat selama battle itu. Singkatnya, kamu pasti menang kalau kamu menggunakan Plume. Efek sampingnya, karakter yang kamu buka kemampuannya itu akan mati secara permanen. Berita buruk lainnya, menggunakan Plume secara terlalu berlebihan akan memancing perhatian dari para dewa seperti Odin dan Freya - dan percayalah kalau kamu tidak mau berhadapan dengan Freya dalam pertarungan.

Choose Your Destiny

Dalam CoTP ada banyak sekali karakter yang bisa kamu rekrut untuk menjadi sekutumu. Totalnya ada lebih dari 20 karakter. Tapi dalam perjalananmu kamu tak bisa merekrut semuanya sekaligus. Dalam path A misalnya kamu mungkin akan merekrut karakter A dan melawan karakter B. Sebaliknya mungkin kamu memilih path B dan mendapatkan karakter B tetapi tidak pernah bertemu dengan karakter A. Takdir tergantung dari jalan mana yang kamu tempuh - dan berapa temanmu yang kamu korbankan. Tiga variasi ending turut memberi game ini tambahan untuk nilai replayabilitynya.

Terus terang saja, Valkyrie Profile juga tidak pernah dikenal sebagai game yang mudah dimainkan oleh siapa saja. CoTP juga melanjutkan tradisi itu. Saya mencoba mendapatkan ending A (yang adalah ending terbaik dengan syarat tidak mengorbankan siapapun dalam timku) dan berakhir dengan berulang kali menemukan layar Game Over. Berbeda dengan game Strategy RPG lain di mana kamu masih bisa mengulangi stage-stage sebelumnya untuk meningkatkan level, kamu hanya bisa memainkan level itu SATU kali di CoTP. Itu berarti kamu hanya bisa meningkatkan level untuk empat karakter utamamu saja - dan kadang itupun tidak cukup untuk menghadapi musuh-musuh di pertarungan berikutnya. Dengar peringatan saya: CoTP won’t be a walk in a park. It might actually even be one of the harder Strategy RPG I ever play!

Lepas dari tingkat kesulitan ekstrimnya, game ini sebenarnya hampir tidak memiliki kesalahan lain. Grafisnya di atas rata-rata game DS, soundtrack scorenya masih ditangani Motoi Sakuraba yang memberi feel sama dengan para prekuelnya (atau sekuel bila merunut kronologi). Jalan cerita yang penuh intrik dengan penulisan yang sangat puitis - mungkin translasi kedua terbaik setelah Final Fantasy Tactics - ditambah gameplay yang unik membuat CoTP sebuah game yang layak dicoba kamu-kamu yang gemar tantangan.

Final Verdict

Gameplay: 7.5
Gameplay gabungan dari Valkyrie Profile dan Strategy RPG ini sukses dan sangat adiktif. Blend-in pemilihan tingkat kesulitan dan jalan cerita juga langkah yang cerdik. Sayang tingkat kesulitannya terlalu ekstrem buat para gamer biasa.

Graphic / Sound: 9.0
Motoi Sakuraba did it again. Musik dari CoTP sekuat para pendahulunya. Jangan biarkan grafis chibi game ini menipumu, jalan ceritanya sebenarnya sangat dewasa. FMV yang ditawarkan secorak dengan Lenneth dan Silmeria.

Play Time: 10
Walaupun sekali main waktunya cukup singkat (sekitar 10 - 15 jam) tetapi mengulangi berkali-kali karena Game Over, kekurangan Sin, atau salah strategi mungkin mendorong satu kali main menjadi 20 jam lebih. Belum lagi ada mode tambahan yang terbuka setelah kamu mendapatkan ketiga endingnya.

0 komentar:

Posting Komentar